Tertarik Investasi Uang Virtual Bitcoin, Perhatikan Hal ini

Investasi uang virtual bitcoin memang terlihat sangat menggiurkan. Bitcoin memang cukup diminati, hal tersebut disebabkan karena bitcoin dianggap menjadi peluang bisnis digital yang menjanjikan.

Perlu diketahui, bitcoin merupakan sistem mata uang cryptocurrency global atau yang dikenal dengan istilah aset kripto dan uang virtual. Bitcoin menjadi uang elektronik yang bisa dipergunakan untuk investasi masa mendatang.

Bitcoin memungkinkan Anda menerima serta mengirim uang dengan menggunakan internet. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mencairkannya dengan bentuk mata uang rupiah. Untuk penukarannya, penukaran bitcoin ke dalam bentuk rupiah dengan cara datang secara langsung ke ATM bitcoin.

Cara penukaran lainnya juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs exchanger. Bila tertarik pada jenis investasi ini, tidak ada salahnya Anda mengenal kelebihan serta kekurangannya terlebih dulu.

Pengertian Investasi Uang Virtual Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah jenis mata uang digital. Diciptakan tahun 2009, ketika pasar perumahan mengalami kejatuhan. Penjelasan mengenai bitcoin sebelumnya belum lengkap karena dulunya tidak diketahui penemunya.

Penemu bitcoin di masa tersebut adalah Satoshi Nakamoto. Nama ini merupakan nama samaran dan sampai sekarang identitas yang menciptakan bitcoin ini belum bisa ditemukan dan menjadi sebuah misteri yang tidak bisa terpecahkan.

Bitcoin juga bisa disebut sebagai jaringan peer to peer yang terdesentraluisasi. Sehingga tidak ada sebuah lembaga yang mengontroilnya. Bitcoin juga menjadi mata uang yang tidak diterbitkan serta tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah manapun.

Karena menjadi salah satu jenis crytocurrency, bitcoin disimpan dengan sebuah kunci publik serta pribadi, dan menjadi kombinasi huruf dan angka yang dihubungkan melalui alogritma matematika yang dipergunakan untuk membuatnya.

Kunci publik digunakan sebagai alamat yang terpublikasi ke dunia, sehingga orang lain dapat mengirim bitcoin. Kunci PIN ATM dan berfungsi sebagai rahasia, bahkan hanya dipergunakan untuk transmisi bitcoin.

Bitcoin ini tidak memiliki bentuk fisik sehingga hanya saldonya saja yang disimpan dalam buku besar publik dengan akses transparan untuk setiap orang. Sedangkan seluruh transaksi dari bitcoin terverifikasi dengan berbagai macam sistem.

Salah satu perbedaan mencolok yang dimiliki bitcoin dibandingkan dengan mata uang negara lain ialah memiliki suplai terbatas, sehingga berbeda dengan mata uang negara yang bisa terus menerus dikeluarkan bank sentral.

Kelebihan Investasi Uang Virtual Bitcoin

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki investasi mata uang virtual ini. pertama, transaksi pribadi bisa dilakukan dengan aman serta memerlukan biaya yang relatif sedikit.

Ketika sudah memiliki bitcoin, Anda dapat melakukan transfer dimana dan kapan saja, hal ini mengurangi waktu dan potensi biaya yang dapat muncul dari transaksi tersebut. Selain itu proses transaksi yang dilakukan tidak membutuhkan informasi pribadi.

Kelebihan lainnya, memiliki potensi pertumbuhan yang besar. banyak investor yang memilih membeli kemudian menahan bitcoin dengan taruhan jika kedepannya pengguna bitcoin menjadi semakin meningkat dan akhirnya nilai dari bitcoin ikut tumbuh.

Terakhir, terhindar dari bank tradisional. Karena krisis keuangan dan resesi yang hebat, investor seperti ingin merangkul mata uang alternatif yang terdesentralisasi, sehingga mata uang tersebut nantinya di luar kendali bank swasta.

Kekurangan Investasi Uang Virtual Bitcoin

Meskipun memiliki kelebihan, bitcoin juga memiliki kekurangan seperti harga yang kurang stabil. Munculnya kenaikan bitcoin di tahun 2017 di dorong dengan spekulan yang masuk ke pasar bitcoin. Keuntungan ini menjadi kabar baik karena bitcoin yang dibeli tahun 2017 baru 20 ribu dollar.

Kekurangan lainnya adalah memiliki penggunaan yang terbatas. Kemudian, risiko peretasan juga menjadi risiko yang sulit dihindari. Meskipun terdapat teknologi blockhain di balik bitcoin lebih aman dibandingkan dengan transfer uang secara tradisional. Namun hal ini tidak bisa menjamin.

Dompet bitcoin sering dijadikan sebagai target peretas. Contohnya saja di tahun 2019 tepatnya bulan mei, disebutkan jika 40 juta dollar b bitcoin sudah dicuri, dan beberapa akun memiliki nilai tinggi di bursa binance.

Terakhir, tidak dilindungi oleh SIPC. SIPC merupakan Securities Protection Corporation. Perusahaan ini melindungi investor sekuritas yang mengasuransikan investor hingga 500 ribu dollar bila pialang gagal. Namun asuransi ini tidak mencakup bitcoin.

Tentu saja sebuah investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun setelah mengenal bitcoin, mungkin Anda menjadi semakin tertarik untuk terjun dalam investasi uang virtual bitcoin ini.

Leave a comment