tips trading kripto pemula

Tips Trading Kripto untuk Pemula agar Tidak Rugi

Tips trading kripto saat ini menjadi salah satu topik yang cukup banyak dicari. Tentu saja hal ini disebabkan karena tren investasi dengan jenis kripto juga terus mengalami peningkatan.

Bahkan, saat memasuki tahun 2021, kegiatan ini terus menerus mengalami peningkatan. Sang pelopor dari kripto yakni bitcoin bahkan bisa menyentuh angka hampir Rp 800 juta.

Adanya trend positif dari bitcoin selama beberapa waktu ini menjadi sebuah bukti peningkatan kepercayaan publik dari aset kripto sebagai sebuah pilihan investasi yang menjanjikan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Momen trading ini juga menjadi sebuah kesempatan masyarakat luas ketika ingin memulai investasi tanpa perlu cemas. Indonesia juga sudah mengatur regulasi penjualan dan pembelian aset kripto.

Tips Trading Kripto untuk Pemula

Ketika pertama kali melakukan trading, pasti Anda akan sangat bersemangat, bahkan tidak jarang seluruh aset akan dimasukkan ke sana. Padahal, perlu tips tersendiri agar kita bisa berhasil melakukan trading,

Apalagi, trading kripto di Indonesia masih cukup baru, sehingga dibutuhkan edukasi menyeluruh. Berikut beberapa hal yang harus Anda pahami ketika ingin melakukan investasi kripto:

1. Pilih exchange untuk melakukan investasi

Ketika ingin terjun dalam dunia investasi kripto, hal pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan memilih media exchange yang akan digunakan untuk trading. Pemilihan exchange ini sangat penting agar bisa memastikan seperti apa keamanan investasi Anda.

Jika masih pemula, pilih exchange yang sudah terdaftar di Bappebti dan terbukti legal. Sekarang ini terdapat 13 perusahaan yang sudah memperoleh tanda daftar dari bappebti.

2.  Pelajari jenis aset yang Anda minati

Sebelum terjun dalam dunia investasi, tips trading kripto berikutnya adalah mempelajari jenis aset yang Anda ingini. Anda harus memahami berbagai jenis mata uang di pasaran.

Bitcoin memang menjadi salah satu jenis mata uang yang favorit, namun ada pula jenis lain seperti Ripple, Ethereum, Cardano serta Binance. Dengan paham jenis koin ini, Anda bisa mengecek ketersediaan di exchange yang Anda pilih.

Namun, hati-hati ketika memilih jenis koin investasi ini karena banyak jenis yang tidak populer serta memiliki pergerakan harga agresif. Contohnya saja seperti DOGE.

3. Kenali grafik candlestick

bitcoin price candlestick

Bila sudah melakukan analisis fundamental, hal lainnya ialah belajar tentang analisis teknikal. Anda bisa menggunakan indikator teknikal agar bisa memperoleh wawasan tambahan tentang aksi dari sebuah harga aset.

Karena tidak mempunyai otoritas serta aturan dari lembaga lain, harga kripto seperti bitcoin begitu tergantung pada para pengguna entah pembeli maupun penjual.

Oleh sebab itu, analisis secara teknikal sangat dibutuhkan agar tidak mengalami kerugian. Analisis teknis akan membantu mengumpulkan petunjuk yang berguna.

4. Lengkap tidaknya fitur trading aset di exchange

Pada dasarnya, setiap exchange mempunyai berbagai macam fitur trading unggulan serta ditawarkan pada trader agar bisa mendukung aktivitas transaksi. Tetapi terdapat beberapa fitur yang penting serta bermanfaat untuk trader.

Ada juga fitur seperti cut loss yang akan membantu trader membatasi kerugian di harga tertentu serta short selling yang digunakan untuk memastikan agar trader tetap memperoleh keuntungan walaupun aset mengalami penurunan.

5. Lakukan perencanaan

Tips trading kripto ke 5 yaitu dengan melakukan perencanaan mungkin terlihat sederhana, namun nyatanya perencanaan menjadi hal yang sangat penting. Memperjual belikan aset kripto bisa dikatakan lebih sulit.

Volatilitas yang dimiliki aset ini sangat tinggi selain itu risiko di dalamnya juga begitu tinggi sehingga Anda membutuhkan perencanaan matang serta eksekusi sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan ketika melakukan trading. Anda bisa merencanakan perdagangan, kemudian mengidentifikasi level stop and loss, kemudian identifikasi cara keluar.

Anda juga harus mengidentifikasi imbalan risiko. Berikutnya ialah eksekusi dari adanya rencana dengan memasuki perdagangan. Anda juga bisa mengukur adanya peningkatan trading yang sekarang sedang dilakukan.

6. Beli saat murah, jual saat naik

beli dibawah jual diatas

Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan penjualan dan pembelian menjadi hal yang harus diketahui. Waktu yang tepat untuk melakukan pembelian dan penjualan bisa menjadi cara yang pas untuk mengurangi risiko investasi.

 

Investasi kripto menjadi jenis yang tergolong baru. Sehingga ketika Anda berminat untuk terjun dalam dunia investasi ini pastikan selalu mempelajari tips trading kripto dengan baik. sehingga memperkecil risiko kerugian yang muncul.

 

 

 

Leave a comment